Mengenal HTML 5


Definisi HTML

Secara harfiah, HTML adalah Htpertext Markup Language. Lantas apa itu arti dari setiap kata-katanya?
·         Hypertext: adalah sebuah teks yang apabila diklik akan membawa anda pergi dari satu dokumen ke dokumen lainya. Dalam prakteknya, Hypertext berwujud sebuah link yang bisa mengantar anda ke dunia internet yang sangat luas.
·         Markup: adalah tag (semacam kode) yang mengatur layout dan tampilan visual yang bisa kita lihat disebuah website, termasuk font, warna teks, gambar dan sebagainya.
·         Language: merupakan penunjuk bahwa HTML adalah semacam sript pemrograman
Dengan kata lain, HTML  merupakan script pemrograman yang mengatur bagaimana kita menyajikan informasi di dunia internet dan bagaimana informasi itu membawa kita melompat dari satu tempat ke tempat lainya.

Mengetal Tag
Dalam HTML, tag adalah teks yang ditulis diantara tanda < dan >. Tag ini menentukan bagaimana teks akan tampak pada jendela browser , bagaimana tabel akan dibuat, gambar apa yang akan disajikan, dan banyak lagi.
Sebagai contoh kita ingin menulis teks seperti di layar browser:

CUCI GUDANG Seminggu Lagi

Kata “CUCI GUDANG” pada teks diatas dibuat lebih tebal dibanding teks lainya. Jika anda mengetik teks itu menggunakan Ms Word, maka anda akan menekan tombol bold yang disediakan. Naun dalam dunia HTML, anda tidaka kan menemukan tombol Bold, Italic, dsb. Oleh karena itu, teks yang akan diberi efek tebal harus diberi Tag. Tag untuk memberi efek tebaladalah <b> , sedangkan untuk mematikan huruf tebal itu untuk teks teks berikutnya, buat lagi tag <b/>
Jadi, dalam format HTML, teks tersebut harus ditulis seperti ini

<b> CUCI GUDANG<b/> Seminggu Lagi

Pada contoh diatas kita menggunakan two-sided-tag yang terdiri dari tag pembka dan tag penutup. Tag penutup berada disebelah kanan dan selalu ditandai dengan kehadiran tanda “/”. Misalnya </b>. Dalam prakteknya, two-sided tag selalu diawali dengan tag pembuka dan tag penutup

Pengenalan singkat HTML 5

Sama seperti sebuah software,  HTML memiliki beberapa Versi . versi yang terakhir adalah HTML 5. Walaupun belum semua browser mampu menginterpretasikan tag tag dalam HTML secara utuh, namun perlahan HTML 5 ini akan mendominasi desain website.
HTML 5 memiliki kapabilitas baru dibanding versi sebelumnya, HTML 4. Misalnya saja, html 5 memiliki tag baru bernama <audio> dan <video> yang secara khusus berfungsi untuk memasang video dan audio kedalam website.

Aplikasi untuk menulis sript HTML

Jika anda ingin membuat aplikasi , bisa jadi anda menulis script pemrograman menggunakan Visual Basic, Delphi dan sebagainya. Masalahnya, tidak ada editor khusus untuk menulis script HTML walaupun dipasar ada HTML editor canggih seperti Dreamweaver, namun saran pergunakanlah editor paling sederhana yang gampang ditemui yaitu notepad bawaan windows anda

Aplikasi untuk menguji coba HTML 5


Kalau anda sudah memiliki Internet Explorer, Firefox, Google Chrome, maka anda sudah memiliki aplikasi yang cukup untuk menguji coba HTML 5. Disarankan, anda menggunakan browser terbaru karena HTML 5 masih belum digunakan secara luas. Oleh karena itu, browser versi lama kerapkali tidak mampu menginterpretasikan tag-tag HTML secara tepat dan akurat.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »