Mindset Anti Galau, Buat Kamu yang Sering Galau Melulu

Sobat, gimana sih biar kita ga terus terkungkung dalam kegalauan. Salah satu yang mempengaruhi kondisi emosional diri kita adalah mindse anti galau. Mindset berpusat di otak dan pikiran kita. 

Hidup sehat berawal dari pikiran yang sehat kan? Segala sesuatu sebenarnya berasal dari pikiranmu sobat. Berpikir bosan menyebabkan kamu galau. Berpikir ceria menyebabkan kamu ceria.

Stress Mempengaruhi Bentuk tubuh dan Kesehatan

Ada orang yang ketika stress menjadi kurus, tentu ini karena pikiran yang galau tersebut membuat ia menjadi malas makan. Ada juga orang yang stress malah menjadi gemuk.

Karena galau yang memicu ia menjadikan makanan sebagai pelampiasan stress. Tahukah kamu bahwa stress dan pikiran kita mempengaruhi bentuk tubuh dan kesehatan tubuh.

tips anti galau

Pikiran Positif Akan Membantu Mengurangi Resiko Penyakit

Ketika stress, tubuh kita akan mengeluarkan hormon stress, kortisol. Dengan kadar kortison rendah, tubuh dapat membakar lebih banyak presentase lemak tubuh. Ribuan studi saat ini menunjukkan bahwa teknik penrunan stress dapat mengurangi atau mencegah keluarnya kartisol yang sangat mengganggu belakangan ini. 

Mereka yang menyisihkan waktu untuk mereprogram persepsi mereka secara kejiwaan dapat mencegah kelebihan kortisol dan mengakibatkan penyimpanan lemak.

Berpikir positif adalah instrumen yang sangat kuat untuk membentuk tubuh seseorang. Banyak penelitian menunjukkan bagaimana visualisasi jiwa dapat membantu seseorang menurunkan berat badan dan menyehatkan tubuh. 

Melakukan visualisasi jiwa tidak mengeluarkan biaya apapun, hanya pembiasaan dan latihan. Instrumen semacam visualisasi jiwa, hipnotis, dan meditasi memprogram kembali kebiasaan respons negatif ke dalam respons positif dan bermanfaat. 

“pemikiran dan perasaan yang anda letakkan diatas meja sama pentingnya dengan makanan seimbang  yang anda sandari “, tulis Candace Pert, Ph.D, profesor peneliti fisiologi dan biospies di sekolah kedokteran  Universitas Gorgetown, dalam Molecules of emotion.

Dalam bukunya Magical Beginnings, Enchanted Lives, Dr. Deepak Chopra mengatakan bahwa “ketika anda merasa gembira, tubuh anda  memproduksi zat kimia alami, Endorfin dan encepalin. Ketika anda merasakan ketenangan dan kedamaian, tubuh anda akan menghasialkan reaksi kimia yang serupa dengan resep obat penenang”

Baca Juga: Tips Menjaga Kesehatan Mental Selama Pandemi

Tips Sederhana Untuk Membuat  Pikiran Sehat

Kamu bisa melakukan hal-hal sederhana dibawah ini untuk membuat pikiranmu sehat

1. Bersyukur atas segalanya, termasuk kesehatan. Luangkan waktu setiap hari untuk merawat tubuh, pikiran dan jiwa. Kalo kita bersyukur, nikmat akan ditambahkan. Kalo kufur, azab pedih yang didapatkan. Stress juga termasuk azab loh!

2. Jangan menunda. Lakukan perubahan baik sekarang juga!

3. Pikiran adalah sebuah benda, oleh karena itu ciptakan pikiran yang baik untuk hidup yang baik pula.

4. Utarakan isi hati dengan sungguh-sungguh. Mengungkapkan aoa yang terdapat di dalam hati dapat membantu proses pelepasan energi dan emosi negatif.

5. Kasih sayang adalah dasar dari segalanya. Pertama, sayangilah diri sendiri, dan sebarkan ke sekitar kita. Energi cinta dan kasih sayang adalah energi terbesar yang bisa dipancarkan melalui jantung hati dan otak manusia.

6. Kita semua memiliki pilihan. Pilihlah yang terbaik untuk diri sendiri tapi juga jangan merugikan orang lain. Kepiawaian menentukan pilihan merupakan salah satu perangkat kesuksesan.

7. Bersenang-senanglah! Tersenyum, tertawa, bermain, rayakan sesuatu. Hidup bukan sekedar serius melulu.

8. Bersedekahlah! Sedekah membuat hati kita menjadi pribadi yang murah hati dan mampu menyenangkan orang lain.

9. Buang jauh dan tinggalkan hal yang tidak perlu atau merugikan, hal itu akan memperlambat kita.

10. Tampil dan berani unjuk taring, bukan sekedar unjuk gigi! Jangan terus sembunyi, perlihatkan diri dan potensi anda kepada orang lain.

Nah, itu dia mindset anti galau yang perlu sobat terapkan. Dengan berfikir positif, raga juga menjadi sehat karena tidak terlalu dibebani fikiran negatif yang memberatkan otak juga tubuh. Ayo mulai sekarang tanamkan midset yang baik-baik aja ya.

Sumber : Archan, say no to galau, 2012. niaga swadaya: Jakarta


Artikel Terkait

Previous
Next Post »