Ketahui Tujuan dan Manfaat Sejarah

Ketahui Tujuan Dan Manfaat Sejarah




Meski sering diremehkan, belajar  sejarah bukan hanya formalitas belaka, terdapat tujuan dan manfaat sejarah yang akan didapatkan oleh pembacanya. Berikut ini tujuan serta manfaat sejarah yang perlu diketahui.

Tujuan Sejarah


Tujuan dari ilmu sejarah yakni, pertama, untuk memenuhi rasa ingin tahu mengenai peristiwa-peristiwa masa lampau, tentang deskripsinya, mengapa peristiwa itu terjadi dan bagaimana akhir peristiwa itu serta dampak peristiwa tersebut terhadap bidang-bidang kehidupan.

Kedua, untuk mengetahiu lebih dalam apakah sejarah itu suatu seni atau disiplin ilmu. Profesor charles A. Beard dalam pidatonya selaku presiden perserikatan ahli sejarah amerika di new york , 1933 dengan judul: “written history as an fact of faith” menyatakan bahwa : sejarah sebagai disiplin ilmu dan sebagai seni kedua hal tersebut saling melegkapi.

Tetapi yang pasti bahwa sejarah memiliki metode ilmiah, melalui fakta sejarah yang dapat dipastikan kebenarannya secara ilmiah dan dipercaya oleh para ahli.

Manfaat Sejarah


Selain memiliki tujuan, mempelajari ilmi sejarah juga mempunyai manfaat. Beberapa manfaat yang dapat dipetik dengan mengetahui sejarah adalah pertama, dapat berhati-hati agar kegagalan itu tak terulang kembali.

Dalam buku “penggunaan ilmu sejarah” oleh Roeslan Abdul Gani memandang bahwa ilmu sejarah ibarat penglihatan tiga dimensi yaitu pertama penglihatan ke masa silam, kedua masa sekarang dan kemudian ke masa depan

Pendapat diatas mengandung pengertian bahwa dalam menyelidiki masa silam itu kita tidak dapat melepaskan diri dari pada kenyataan kejadian masa sekarang yang sedang kita alami bersama, dan sedikit banyaknya juga kita tidak melepaskan diri dari perspektif kita ke masa depan

Dengan pengertian diatas maka sejarah masa lampau perlu kita pelajari dengan berpijak pada kenyataan-kenyataan perkembangan situasi sekarang serta pula dengan menancapkan perkiraan-perkiraan serta harapan-harapan yang bersperspektif ke masa yang akan datang.

Manfaat lain ilmu sejarah adalah memperluas wawasan berpikir. Artinya, sejarah secara terbuka terus memberikan pedoman dan perspektif tentang perkembangan selanjutnya. Hal ini sesuai dengan pandangan yang dikemukakan Dauwes Dekker, salah seorang perintis kemerdekaan nasionalisme indonesia, memandang bahwa,

Demikian, tujuan dan manfaat dari seseoang belajar atau mengetahui sejarah. Sejarah bukan hanya omong kosong belaka. Tetapi sejarah menyajikan fakta sejarah berupa historis yang kuat berdasarkan riset lapangan. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »